Gadget Unik - Jual Beli Aman Gadget Unik - Jual Beli Aman W I T => <= W I B Gadget Unik - Jual Beli Aman Adc tasik - Jual Beli Aman

Pages

Rabu, 30 Mei 2012

kandang ayam potong panggung


bismilahirohman nirrohim  posting kali ini adc menceritakan cara ternak ayam potong posisi nya ada di kalimantan timun ternyata disini semua menggunakan kandang jenis panggung mungkin banyak sekali jenis kandang ayam ada yg di lantai atw panggung  yg panggung banyak juga dasarnya tanah ada juga yg panggung di bawahnya air.jd yg punya kolam ikan di atas di bikin kandang kebanyakan di daerah jawa barat tepatnya di tasikmalaya kebanyakan mereka ternak ayam di bikin di atas kolam. sama aja sih d tempat atw jenis kandang yg bertenak ayam  cuma di sarankan liat lokasi yaa yg jelas harus jauh dari warga setempat.karna lumayan bau kotoranya  kali ini kan ku ceritakan pengalaman ku di kaltim bertenak  ayam potong di lihat kandang yg bagus 
        letak lokasi
            * pilih yg tenang/atw nyaman jauh dari penduduk  nantinya menjaga ayam ga stres ga bikin warga marah karna bau kotoran
            * di sini atap menggunakan atap dari daun kelapa ada juga pake asbes pake apa aja bagus yg penting ga kepanasan atw kehujanan.
            * bentuk kandang tinggi kandang juga di utamain jangan pendek jangan ketinggian
            * disini ada lantai menggunakan bambu sekitar 2 atw 3 cm ada juga yg pake kayu ulin{kayu yg ada di kaltim) tp banyak kekurangn dn kelebihan nya juga sih. kalw alas pake bambu saaat pemberesihan kandang enak banget di guyur air malem pagi di gosok langsung hilang. tp kalw pake kayu ulin lumayan susah sih menurutku walw caranya sama tp lebih epsien pake bambu mungkin kayu ulin lebih kuat dan tahan lama.
oooh yaaa tinggi kandang dari permukaan lantai ke tanah disini pareasi ga di patok ukuranya berapa mungkin dilihat dari struktur tanah lokasi tujuanya mereka bikin tinggi menjaga dari hewan liar maklum rata'' di kaltim letak kandang ada di hutan, semua banyak hewan liar seperti babi hutan dan beyawak.
 satu kandang ayam rata rata -rata menampung ayam 5000/ekor  mereka buat ga satu minimal 3 malah sampai 14 kandang juga ada satu lokasi  ya mereka buat seperti komplek perumahan gitu deh dari kandang ke kandang jarak antara 4 atw 5 meter .
selain kandang paktor air pun di utamain di haruskan air yg bersih karna air peran penting dalam ternak ayam caranya pun disini ada yg manual atw otomatis mungkin suatu saat ntar di jelasin cara pengairan manual atw otomatis .
setiap kandang di jaga atw di rawat minimal 2 orang atw satu orang pun bisa asal udah berpengalaman dia cara berternak dan setiap atw suatu kandang aja di bikin rumah/saung laah buat yg jaga ayam jd ayam dapat terjaga dan terawat. 
untuk alas kotoran disini menggunakan serbuk kayu  bisa juga sekam padi tergantung adanya apa yg jelas intinya supaya kotoran jatuh ke sekam/serbuk kayu menjaga biar ga bau keuntun gan dari kandang panggung ini nanti selesai panen sekam/serbuk kayu bisa di jual buat pupuk.
tp kalw yg sistem panggung bawahnya kolam bisa gunain sambil ternak lele  kalw ga salah 2 kali priode ayam bisa panen ikan lelenya.
knapa pake ikan lele daya tahan lele sangat kuat ga rewel kalw pun ada yg mati ayam tinggal d lempar ke kolam tp bagusnya di bakar dulu biar ga bau sisa bangke ayamnya atw di tusuk pake bambu ayamnya tancebin ke dasar kolam supaya ga jijik atw bau saat sisa bangke nya dan ga mungkin habis sehari .
tp kalw yg di kandang panggung otomatis bangke di buang yg jauh atw di kubur .

aah sekian dulu yaa ntar di sambung lg masalah ayam potong.........
                                                                                                       wasalam

                                                                                                     adc tasik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar